Jumat, 03 Juni 2016

TEKNIK ANALISIS LAPORAN KEUANGAN



                                         TEKNIK ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
           1.      Teknik Analisis Perbandingan
a.       Pengertian
Analisis perbandingan adalah teknik analisa laporan keuangan yang disusun secara horizontal dengan menunjukan data absolut (jumlah uang). Kenaikan dan penurunan dalam jumlah uang dan dalam presentase, serta perhitungan dalam ratio.
b.      Tujuan Analisa
Untuk mengetahui perubahan-perubahan yaitu kenaikan atau penurunan keadaan keuangan serta hasil usaha peruasahaan. Teknik analisis ini dipergunakan untuk menganalisis laporan keuangan yang meliputi  2 periode.
c.       Prosedur Analisis
·      Menentukan tahun dasar
·   Menghitung kenaikan atau penurunan tiap-tiap pos dalam jumlah uang dengan cara mengurangkan jumlah uang dari laporan keuangan yang diperbandingkan dengan jumlah uang dalam tahun dasar.
·  Menghitung kenaikan atau penurunan tiap-tiap pos dalam presentase dengan cara membagi kenaikan atau penurunan jumlah uang untuk tiap pos dengan jumlah uang pos yang sama pada tahun dasar.
·    Menghitung ratio dengan cara membagi  jumlah uang tiap pos dari laporan keuangan yang diperbandingkan dengan jumlah uang pos yang sama pada tahun dasar.
·      Mengevaluasi perubahan-perubahan yang terjadi dan memberikan interpretasi.

           2.      Teknik Analisis Trend/ Kecenderungan
a.       Pengertian
Analisis Trend / kecenderungan adalah teknik analisis laporan keuangan yang disusun secara horizontal dengan menunjukan data absolut ( jumlah uang). Kenaikan dan penurunan dalam jumlah uang dan dalam persentase, serta perhitungan dalam ratio.
b.      Tujuan Analisis
Untuk mengetahui perubahan-perubahan yaitu kenaikan atau penurunan  keadan keuangan serta hasil usaha perusahaan. Teknik analisis ini dipergunakan untuk menganalisis laporan keuangan yang meliputi lebih dari 2 periode.
c.       Prosedur Analisis
·      Menentukan tahun dasar.
·      Menentukan angka indeks 100 pada masing-masing pos pada tahun dasar.
·    Menghitung ratio kecenderungan dengan cara membagi masing-masing pos yang ada pada periode laporan keuangan yang dianalisis dengan pos-pos yang sama dalam tahun dasar.
·      kecenderungan yang terjadi dan memberikan interpretasi.

           3.      Teknik Analisis Commonsize
a.       Pengertian
Analisis commonsize adalah teknik analisis laporan keuangan yang disusun secara vertikal dengan menunjukan persentase investasi pada masing-masing  pos aktiva terhadap totalnya, serta pos-pos biaya terhadapp penjualan bersih.
b.      Tujuan Analisis
Untuk mengetahui komposisi investasi yang dalam masing-masing aktiva, komposisi modal yang digunakan dalam perusahaan ( struktur modal) serta komposisi biaya-biaya yang terjadi. Dengan demikian akan dapat dievaluasi mengenai:
·    Investasi dalam suatu aktiva apakah teradpat under/over  insvestment bila dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.
·  Sumber dana mana yang merupakan sumber pokok pembelanjaan/ sumber pokok permodalan.
·  Berapa persentase penjualan yang diserap oleh tiap-tiap pos biaya dan beberapa persentase yang tersedia untuk keuntungan.
c.       Prosedur Analisis
·      Menentukan angka 100% untuk total aktiva, total pasiva dan untuk penjualan bersih.
·    Menghitung ratio dari tiap-tiap pos dengan membagi jumlah rupiah dari masing-masing pos terhadap jumlah toatalnya.
·      Mengevaluasi pos-pos neraca dan pos-pos rugi laba.
·      Memberikan interpretasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar